Tujuh Hari Untuk Selamanya: Day 0 Semua muanya pake drama!
Akhirnya jadi juga! Trip ke New Zealand akhirnya jadi kenyataan!
Jumat, 2 Juli 2026 rombongan dari Melbourne
janjian ketemuan di Tullamarine Airport jam 3 sore. Kami mau terbang ke New Zealand!! Sempet tarik ulur kayak hubungan
percintaan ABG bingung, akhirnya Impian untuk menginjakkan kaki di bumi bagian
premium sedikit lagi jadi kenyataan.
Dari draft final terakhir, ada enam orang yg akan join trip ini, lima berangkat dari Melbourne, satu dari Sydney. Nanti kami semua bertemu di Christchurch, New Zealand.
Pesonel yg ikut, cuman tiga orang yang saya
kenal: Stella, Yani, Saras. Kami sama-sama baru selesai study di jurusan yang
sama. Ada dua lagi temen Stella yang baru join belakangan. Saya belum kenal sebelumnya.
Ada Nadda, mahasiswi jurusan keren:
chemical engineering yang belakangan baru tahu adalah housemate Stella, tapi
nggak dikenalin dari awal. Huuuu.
Ada juga Vergi, seumuran sih tapi udah
hampir selesai Phd dan lagi jadi lecturer di kampus yg barusan ngalahin Melb
Uni (tapi bentar lg dibalas Melb Uni hehe!). Vergi adalah juga temannya mantan
Stella. Hmmm.
![]() |
| Full team @ Twizel makan Salmon |
Jujur saja. Saya sempet overthinking karena
mau ngetrip lama bareng orang baru. Takut awkward aja. Namun belakangan,
ternyata yang terjadi malah sebaliknya. Nanti ku critain deh!
Dalam surat Benjamin Franklin asal Cinere ke
Jean Baptise dari Sumedang, beliau nulis gini: “Tidak ada yang pasti di
dunia ini, kecuali kematian, pajak, dan drama sebelum nge-trip!”. Udah
jelas persiapan trip ini banyak banget dramanya.
Semua mua pake drama. Dari nentuin
personel, waktu, visa, sampe milih sewa mobil pun ada drama sampe detik-detik
terakhir. Bahkan 5 menit sebelum terbang pun, Saras bikin drama yg astaghfirullah
kok bisa bisanya bisa terjadi! Hadeuh!
Drama Saras sih paling mindblowon! KARENA
NGGAK JELAS!
Dari formasi awal, teman-teman kami Olive,
Nita dan Misua akhirnya mundur. Pertama karena mereka ada prioritas lain, kedua
emang dari awal udah nggak sejelas itu sih. Nggak jelas kayak orang yang
ngelike ngelike story doang tanpa kasih closure awal mau ngapain. Itulah!
Bayangin nih! H min sebulan, kami belum
apply visa! Boro-boro beli tiket dan nyari akomodasi kan. Udah pasti belum! Semua
itu terjadi padahal kami semua sadar: Semakin mundur, semakin mahal akomodasi!
Tepok Jidat!
Apply Visa New Zealand itu mahal. Per orang
kena $441 buat apply doang yang belum pasti granted juga. Kata senior, apply
visa pake group visa aja biar lebih murah. Bener aja, kalau bisa apply visa
pake jalur group visa, jatuhnya jadi jauh lebih murah. Cuman $271 per orang! *(Masih
mahal hehe, tapi jauh lebih baik daripada kena $441 kan?)
Namun, ternyata cara apply group visa yang pake tarif
murah nggak segampang itu! Ngubek-ubek google sampe halaman 19, tanya gpt sama
claude juga, nggak nemu tutorial yg
bahas detail cara apply!
Cara apply visa ini super tricky! Contoh ada
teman yg visa group tertunda cuman karena ada member yg upload foto diri pake
background putih.
Deg degan juga sebagai group leader di visa
application, saya berharap jangan sampai aplikasi mahal ini malah ke-reject!
Bisa berabe deh!
Pada akhirnya nemu trik sederhana tapi jitu
sampe bisa dapet group visa granted pake tarif termurah. Alhamdulillah! Nanti
saya share trik mahal ini di instagram sambil kasih caption “Yang mau trik visa
NZ murah, ketik ‘Visa NZ’ di komentar ya!”
Yang jelas, saya sampe kepoin LinkedIn
Nadda dan Vergi -karena Stella slowresp lagi extensi tugas – oversharing bgt
sih-, cuman buat bikin narasi statement
of purpose yg ciamik biar bisa masuk kategori ‘Bonafide” sama Imigrasinya NZ.
Visa: Clear Checked,
Next: akomodasi dan mobil!
Tak diduga dan tak dinyana-nyana! (Surprisingly!),
akomodasi nggak ada drama! AirBNB dan penginapan yang kami sewa semuanya cute! Se-cute
orang-orang yg nyaranin dan book akomodasinya <3. Ada airbnb yang bisa bakar
perapian, ada yg samping lake cantik banget juga!
Sempet sih mau ada drama lagi! Waktu itu Stella
tiba-tiba bilang mau ada satu temennya yg mau ikut dan mau apply visa tambahan
sendiri. Ini posisi sudah dapet visa semua dan kami semua lg zoom bareng buat
finalisasi akomodasi anw.
Maaf ya Stell, bukannya kami nggak mau.
Kalau bilangnya dari awal udah pasti beda cerita sih. Luna Maya kalau dari awal
jelas sama Reino Barrack juga nggak bakal keduluan Syahrini ga sih?
EH! Drama malah muncul pas mau sewa mobil.
Karena kami berenam, maka mobil yang kami
incer udah jelas yg 8 seater biar lega dan nyaman buat perjalanan lama. Sama
biar bisa bawa banyak barang juga. Maklum cewe cewe pasti printilan dan
bawaannya pasti banyak kan. (eh!).
Kulak kulik sana sini, nemu nih ada
provider namanya “Anggaran” nawarin mobil Kia Carnival. Ini mobil idaman saya.
Nyaman banget buat ngetrip. Harga sewa juga oke bgt. Saya pernah dua kali nyetir
road trip pake ini pas di OZ. Nyaman.
Harga mobilnya Rp1,4 Milyar kalau di Indonesia
buat versi murahnya, tapi cuman setengahnya kalau beli di OZ. Punya fitur Dual Wide Sunroof, kursi baris
kedua pake VIP Premium Relaxation Seat, dan ada knologi keselamatan
aktif ADAS yang canggih. Smart Power Door juga. STOP! Malah review mobil!
Semua nampak smooth di awal booking. Sampe
akhirnya lima hari kemudian, ada notifikasi uang masuk ke rekening saya.
Providernya cancel! Mereka bilang unit sudah nggak tersedia. HAH!!!??!
Oh..mungkin kami keduluan (meski juga
ngerasa aneh karena udah issued). Kami masih berbaik sangka waktu itu.
Tapi anehnya, sehari berikutnya, si provider ini listing lagi mobil kami yg kena cancel di trip.com!!
Lagi-lagi, sebagai warga lugu, taat bayar
pajak, dan cinta tanah air ini, kami masih berprasangka baik. Kami coba book mobilnya lagi. Pikir kami
mungkin customer kemaren cancel.
Lah! Ndilalah!!!
Hari berikutnya si “Anggaran” ini cancel lagi! Panik
lah! Posisi udah H-Seminggu tapi belum dapet mobil. Spill aja nih,
di hari ke-5, kami ketemu sesama turis dari Indonesia yg bermasalah sama si “Anggaran”
ini. Ada sisi positifnya juga kena cancel.
Malam harinya, saya dan Vergi lalu zoom
nyari mobil di provider dan plaform berbeda. Akhirnya nemu Toyota Noah di
Booking. Mirip Nissan Serena gitu lah. Lebih kecil mobilnya dari Carnival, tapi ini adalah
opsi terbaik dari yang ada.
![]() |
| Pose di mobil. Keren nggak? Keren dong! |
Toyota Noah ini bakal jadi kami anggap rumah. Meski nantinya kami mau mati bareng di ‘rumah’ ini gara-gara nemu masalah juga sama provider mobilnya. - Ini spolier kisah mengharukan perjalanan kami hari ke- 4. Link di sini ya!
Mobil: Clear! Checked!
![]() |
| Main Tetris menata koper |
main tetris nata koper
####
Eh.. udah nulis sepanjang ini tapi belum
mulai bahas day 1 ya ?!
Sekalian bahas drama penginapan Saras deh! Ini
Kocak soalnya!
Kami janjian masing-masing pesen uber jam 3
dari tempat masing-masing biar nyampe bandara nggak selisih lama.
Jam tiga kurang sepuluh menit, saya sedang
isi form deklarasi NZ sambil nunggu mau pesen uber. Lalu, Saras telpon. Pikirku
paling nanya udah berangkat belum. Tapi ada yang aneh.
Di ujung sana, suara Yani yang kudengar
bukannya saras Saras, sambil bilang “Mas
Danang masih di rumah kah? Saras mau ngomong”.
Dari pembukannya, udah nebak paling Saras
bikin drama lagi!. Konteksnya, Saras ini adalah yang paling muda di lingkaran
pertemanan kami. Jadi wajar sering banget ikut drama sekalian frontal cortex
mendewasa. Mentang-mentang lagi perbanyak isi CV, semua drama dan cobaan dia
cobain deh.
Saras sewain kamarnya ke orang selagi ngetrip tapi baru nyadar yang nyewa adalah cowok! Masalahnya housingnya nggak nerima cowok karena Housematenya Saras yang jelas bukan cowok.
Klaim Saras, dari awal nawarin emang buat temporary accomodation cewek!
Kocaknya, Saras dan penyewa sama-sama baru
ngeh di menit terakhir mau berangkat ke bandara. Saras salah kira yg nyewa
cewek karena namanya mirip cewek, si penyewa nggak paham kalau itu akomodasi cewek.
Masalahnya si penyewa ini baru nyampe Australia
dan nggak tahu mau kemana lagi.
Singkatnya, akhirnya saya nampung beliau di
rumah. Nampung orang yang ngga tahu siapa dan dari mana. Saya juga mau tinggalin rumah lama.
Modal niat baik aja lah. Saya juga nggak suruh dia bayar sewa, asal beliin
housemates saya makan ajaa.
Tau nggak namanya si penyewa? Nama
belakangnya “Nugraha”! Udah jelas ini nama cowok. Bisa-bisanyaa.. Kocak hiks
==
| Saras, Nadda, Stella, Yani akhirnya sampe Melbourne Airport! |
Udah sepanjang ini tapi belum bahas Day 1
ternyata hehe. Kalo gitu, judul blog yang ini direvisi dulu deh. Bukan Day 1,
tapi Drama sebelum hari H!!



Posting Komentar untuk "Tujuh Hari Untuk Selamanya: Day 0 Semua muanya pake drama!"